Payakumbuh, Kupaspost.com - Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Payakumbuh sudah memikirkan bagaimana perkembangan kota untuk puluhan tahun kedepannya. Fraksi dengan anggota Armen Faindal, Fahlevi Mazni dan Sri Joko Purwanto itu yakin untuk puluhan tahun kedepan, kondisi Kota Payakumbuh akan berkembang pesat sehingga perlu perencanaan matang oleh pemerintah dalam pembangunan kota.


Hal itu dikatakan Fraksi Partai Demokrat saat sidang paripurna penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Payakumbuh 2025-2045 yang diselenggarakan pada pekan lalu.


Melalui juru bicara Fraksi Partai Demokrat Sri Joko Purwanto mengatakan, perencanaan pembangunan daerah harus memiliki visi dan misi yang jelas, sehingga dapat mengarahkan pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan.


Menurutnya, hal itu penting untuk pengembangan daerah yang seimbang dan terkoordinasi antar semua aspek. Kata Joko, berdasarkan hasil evaluasi capaian pembangunan yang telah berjalan terdapat kemajuan dan keberhasilan dalam berbagai aspek Pembangunan.


“Walaupun kita tidak dapat menafsirkan adanya berbagai permasalahan yang masih dihadapi. Hal ini perlu ditangani melalui serangkaian kebijakan dan program secara terencana, sinergis, dan berkelanjutan,”ujar Sri Joko Purwanto.


Terhadap pembangunan jangka panjang 20 tahun kedepan, Fraksi Partai Demokrat mengharapkan Kota Payakumbuh diarahkan untuk menjadi pusat perdagangan, jasa, dan ekonomi kreatif yang inklusif dan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakatnya. Terutama dalam mendorong terciptanya lapangan kerja baru yang menyerap banyak tenaga kerja dan bisa mengurangi pengangguran.


“Kami memandang untuk rencana jangka panjang kawasan eks Kantor Bupati Limapuluh Kota  yang berada di pusat Kota Payakumbuh bisa menjadi Ruang Terbuka Hijau sekaligus Taman Kota sehingga penataan Kota Payakumbuh lebih representative. Ini perlu menjadi pembicaraan dengan Pemda Limapuluh Kota,”kata Joko lagi.


Fraksi Partai Demokrat berpendapat, mengubah kawasan eks Kantor Bupati Limapuluh Kota  yang berada di pusat Kota Payakumbuh menjadi Ruang Terbuka Hijau sangatlah penting. Hal itu mampu sebagai solusi dalam menanggapi perubahan iklim serta Upaya dalam pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.


“Lingkungan ini, jadi isu yang strategis dan membutuhkan perhatian serta penanganan dalam mempertahankan kualitas lingkungan dan ketahanan daerah terhadap perubahan iklim dan bencana,”ujarnya lagi.


Saat sidang paripurna itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura Bersama Armen Faindal, dan dihadir anggota DPRD lainnya. Dari Pemko Payakumbuh hadir Sekda Rida Ananda, Asisten, Staf Ahli, Sekretaris DPRD Yonrefli, OPD serta tamu undangan lainnya. (*)

 
Top