PayakumbuhKupaspost.com - Pemerintah Kota Payakumbuh gelar berbagai macam perlombaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke - 79 tahun 2024, diantaranya Lomba Mural yang di ikuti oleh OPD-OPD, Sekolah - Sekolah dan pihak instansi non pemerintah.


Dimana para peserta berkesempatan untuk  melukis disekeliling tembok (pagar) Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang,  yang mana setiap sore tampak ramai dikunjungi masyarakat untuk berolahraga, sekaligus berpotensi menjadi sarana promosi wisata. 


Dari beberapa peserta lomba, ada yang mencuri perhatian, dimana Lomba Mural yang dimulai dari tanggal 8 Juli hingga 10 Agustus 2024 tersebut juga diikuti oleh seorang personil TNI berpangkat Serka atas nama Didik Hariono, prajurit yang dalam kesehariannya berdinas di Kodim 0306/50 Kota. 


Keikutsertaan personil TNI dari Kodim 0306/50 Kota tersebut tentunya makin menyemarakkan perlombaan Mural tersebut dan membuktikan kepada masyarakat, bahwasanya TNI itu tidak saja mahir dalam menembak namun juga memiliki jiwa seni yang tinggi. 


Serka Didik Hariono mengaku tertarik mengikuti Lomba Mural karena ingin berpartisipasi memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus ingin mengekspresikan kemampuan seni melukis yang dimilikinya.


Dirinya begitu bersemangat menyelesaikan Mural yang menggambarkan perjuangan. Mural yang menampilkan gambar Jendral Besar Soedirman memimpin pasukan bergerilya di daerah Jogjakarta.


"Saya harus ekstra teliti dalam menangkap anatomi dan karakter wajah dari Jenderal Soedirman beserta pasukannya. Namun saya begitu menikmatinya, "ungkap Serka Didik Hariono kepada Humas Penerangan Kodim 0306/50 Kota. 


Diungkapkan Serka Didik, dengan ke ikut sertaan dirinya dalam perlombaan Mural tersebut tentunya secara tidak langsung sudah ikut mengabadikan momen-momen sejarah perjuangan Jenderal Soedirman. Dengan satu harapan, nilai nilai perjuangan ini harus dapat dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda, generasi penerus bangsa ini, pungkas Serka Didik.


Untuk diketahui bersama, penilaian lomba Mural akan dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2024. Yang pemenangnya akan diumumkan bertepatan dengan HUT RI ke 79 pada 17 Agustus 2024 mendatang, dengan kriteria, keterkaitan dengan tema, kreatifitas, makna dan pesan dalam gambar, orisinalitas karya, teknik dan tingkat kesulitan gambar.(rel/jpp)

 
Top