Lima Puluh Kota, Kupaspost.com - Sejumlah personil dari Koramil 05 Harau Kodim 0306/50 Kota bergerak cepat membantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten 50 Kota memadamkan api yang membakar satu unit rumah warga di Jorong Sarilamak Nagari Sarilamak Kecamatan Harau, Sabtu (3/8/2024).


Menurut salah seorang personil Koramil 05 Harau yang juga merupakan Babinsa Nagari Sarilamak Serda Fajar Siahaan, dirinya mendapatkan informasi ada kebakaran di wilayah binaan, dan bersama beberapa rekannya segera mendatangi TKP untuk membantu petugas Damkar memadamkan api yang telah membakar rumah warga tersebut.


"Bersama petugas Damkar, kepolisian dan dibantu masyarakat kita bergotong royong memadamkan kobaran api yang telah membakar rumah warga ini. Setelah berselang beberapa waktu api dapat dipadamkan,”ujar Serda Fajar. 


Meski demikian, menurut Serda Fajar, satu unit rumah dan beberapa perabotan beserta isinya yang tidak sempat terselamatkan habis dilalap si jago merah. Penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian dari Polsek Harau.


Diketahui, kebakaran yang menimpa rumah milik ibuk Ardanina Koto (59) itu terjadi pada pukul 05.00 pagi, api yang belum diketahui sumbernya ini dengan cepat langsung melahap bangunan rumah tersebut. 


Petugas pemadam kebakaran dibantu TNI-Polri dan masyarakat langsung melakukan upaya pemadaman dengan mengerahkan beberapa unit armada pemadam. Kebakaran api berhasil dipadamkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Plt Danramil 05 Harau Mayor Inf Edi Arman dalam keterangan tertulisnya berpesan kepada seluruh rekan rekan anggota Babinsa untuk mengimbau agar masyarakat kecamatan Harau untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatiannya dalam menggunakan api.


Seperti yang kita ketahui saat ini, cuaca sedang panas mohon lebih hati-hati dalam menggunakan api. Waspadai jangan sampai ada warga masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar, karena ini sangat berbahaya dan dampaknya bisa luas sekali," terang Mayor Edi. 


Semoga dengan himbauan yang dilakukan dapat memberikan edukasi kepada warga masyarakat dan mencegah hal hal yang tidak kita inginkan terjadi,"pungkas Danramil.(Rel/Jee)

 
Top