Arosuka, netralpost.net --- Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok Membuka Lomba Bundo Kanduang Nagari Singkarak di Medan Nan Bapaneh Nagari Singkarak, Sabtu (31/8/24). 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Memperingati HUT RI Ke-79 Tahun 2024 di Nagari Singkarak yang diinisiasi oleh Forum Bundo Kanduang Nagari Singkarak. 

Turut Hadir Pembina Bundo Kanduang Kab Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat  Lastuti Darni, Anggota DPRD Kabupaten Solok Deni Eka Surya, Kadis Pariwisata Kabupaten Solok/ yang mewakili, Camat X Koto Singkarak Chrismon Dharma, S.IP, Ketua TP-PKK Kecamatan X Koto Singkarak, Ketua BAZNAS Kabupaten Solok Drs. H. Edwar, MM, Pengurus TP-PKK Kab. Solok, Walinagari Singkarak  Rahman, S.Pd, Ketua TP-PKK Nagari Singkarak, Ketua KAN Dan BPN Nagari Singkarak Singkarak, Ketua Bundo Kanduang Nagari Singkarak Hj. Ratmawati Anwar, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Tokoh-tokoh Masyarakat Nagari Singkarak dan Pengurus Forum Bundo Kanduang Nagari Singkarak. 

Ketua Pelaksana Oleh Ketua Bundo Kanduang Nagari Singkarak menyampaikan Kegiatan Bundo Kanduang ini telah terlaksana semenjak 6 atau 7 tahun yang lalu.

"Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan kita ini.", Katanya. 

"Hari ini menutup kegiatan kita di bulan Agustus sekaligus sebagai momentum peringatan HUT RI Ke-79 Tahun 2024 ini.", Ujarnya. 

Dalam hal ini kita akan melaksanakan beberapa perayaan dan perlombaan yang nantinya akan kita mulai setelah dibuka secara langsung oleh Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok

Walinagari Singkarak Sebagaimana telah disampaikan oleh Ketua Bundo Kanduang bahwa ini merupakan agenda rutin yang telah berlangsung semenjak 7 tahun yang lalu, di samping itu momen ini juga kita jadikan momentum peringatan HUT RI Ke-79 yang diisi oleh beberapa lomba seperti Lomba Membuat Nasi Kunyit, Hoyak Osen, Fashion Show, Tari Piriang dan Solo Song oleh Rang Mudo dan Puti Bungsu di Nagari Singkarak.

"Sebagai Walinagari kami berkewajiban untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan di Nagari Singkarak, maka dari itu kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini demi mempererat hubungan silaturahmi antara kita bermasyarakat di Singkarak.", Pungkasnya. 

"Kami turut mengimbau kepada masyarakat menyikapi tahun politik kali ini, mari kita jaga terus semangat demokrasi di Nagari Singkarak demi tujuan bersama-sama menciptakan Singkarak yang lebih baik.", imbuhnya. 

Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok mengucapkan Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mengundang kami sehingga dapat ikut serta mengikuti rangkaian kegiatan kita pada hari ini.

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bundo Kanduang Nagari Singkarak yang sudah berjalan kurang lebih selama 7 tahun kebelakang ini.", Ucapnya. 

"Harapan kami semoga dengan dilaksanakan rangkaian perlombaan ini dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Nagari Singkarak yang kita cintai ini", Lanjutnya. 

Kami sangat mendukung peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang dalam membentengi generasi muda kita dari pengaruh negatif perkembangan zaman saat ini untuk kembali memaknai falsafah adat Minangkabau "Adat Basandi Sara', Sara' Basandi Kitabullah".

Selanjutnya Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok mengunjungi lokasi pelaksanaan semua cabang lomba dan sekaligus ikut bernyanyi dan meramaikan semarak Lomba Bundo Kanduang dalam rangka Memperingati HUT RI Ke-79 Tahun 2024 ini.
 
Top